Jazz on The Beach. At dinner time. Dari gambaran yang singkat itu sudah terbayang betapa syahdunya mendengarkan musik jazz yang mengalun di tepi pantai. Mau pesan apapun makanannya, rasanya akan hambar di hadapan musik yang mengalun diantara debur ombak. Takut saya saat itu hanya dua, hujan dan angin laut yang (biasanya) kencang. Syukurlah, sampai acara selesai, angin hanya bertiup seadanya (sepoi) dan hujan tidak turun. Begitulah. Dengan antusias, saya ingin nonton acara Mostly Jazz yang pada malam itu menghadirkan Indra Lesmana dan Glenn Fredly.

Tidak sulit menemukan Griya Santrian di Sanur. Letaknya yang pas tepi jalan dengan seorang penjaga di depan memudahkan kita untuk bertanya. Staff di area parkir juga sangat membantu, menunjukkan kalau hotel ini juga sering menerima tamu dari luar. Karena biasanya kalau hotelnya tertutup, pertanyaan di pintu masuk juga beda bahkan bisa sampai menitipkan KTP segala…

Jalan menuju venuenya berliku. Tidak sulit, tapi penerangan malatm yang remang membuat kita bertanya-tanya, apa betul ini jalannya. Begitu tiba di tepi pantai, baru lega. Ternyata beneran lho di tepi pantai. Sebelum masuk ke area venue, ada satu meja resepsionis kecil yang melayani pembelian tiket untuk acara. Tiketnya memang dibatasi karena acara ini juga dibarengi dinner. Jumlah meja sudah fix. Tapi pada saat itu, memang penonton datang lebih banyak dari biasanya. Maklum, bintang tamunya adalah dua musisi kenamaan di Indonesia; Indra Lesmana dan Glenn Fredly. Penonton juga boleh datang dari luar, jadi acara itu tidak tertutup khusus untuk tamu hotel. Misalnya saya, hehe.

Setelah celingukan kira-kira setengah jam (thanks to the lady of the house; Maha & Christine, Mbak Eva dengan chit-chatnya, dan sapaan ramah dari Pak Gusde, the owner, yang membuat bengong saya bermanfaat), the Indra Lesmana naik panggung dan mulai ber-jamming dengan musisi muda Bali yang pada hari itu akan sepanggung dengannya sampai selesai acara. Setelah satu lagu, munculah the Glenn Fredly. Lagu pembuka Kirana yang dulu dinyanyikan Dewa 19 mengalun dalam untaian jazz. Saya setengah ragu kalau ada orang yang tidak terpukau pada saat itu. Pertama, ini lagu terkenal banget jaman saya remaja. Orang-orang yang menonton juga rata-rata-lah umurnya nggak jauh banget dari saya, mereka masing-masing pasti punya memori dengan lagu itu. Kalau saya, memori itu melibatkan gumaman nggak jelas karena lupa lirik di panggung pensi. Kedua, aransemen lagu itu cocok banget. Dan yang ketiga, suaranya Glenn kok bisa cocok dengan jazz yaa? Buktinya, penonton asing juga ikutan syahdu lho!

Malam semakin larut dan penonton makin terhanyut. Beef Stroganof yang saya pesan jadi kurang berasa mendengar kolaborasi Glenn dan Indra di panggung. Ketika Glenn melantunkan Fix You yang dipopulerkan oleh Coldplay, penonton seakan terpaku. Ketika lagu selesai, saya mendengar tepukan paling heboh selama pertunjukan berlangsung (lengkap dengan suitan!). Itu lagu ngena banget! Hanya 8 lagu, dan rasanya saya masih ingin mendengar Glenn bernyanyi. Venuenya memang tampak kecil, tapi suasana private-nya dapet banget. Jadi berasa mudah mendekati bintang tamu untuk setor muka atau minta foto bareng. Jazz on the beach, suara merdu yang terbawa angin, pantulan bulan purnama diatas air laut, dan musik yang berjiwa. Jazz at Griya Santrian is a food for your soul.

Griya Santrian akan merayakan Valentine dengan Indra Lesmana group dan Bubugirl. Enjoy the romantic jazz evening on Feb 14, 7pm at Griya Santrian, Sanur